Rata-rata Pendengar UAS dan Habib Rizieq Cenderung Memilih Prabowo-Sandi

Rata-rata Pendengar UAS dan Habib Rizieq Cenderung Memilih Prabowo-Sandi

Hasil survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA menunjukkan tokoh agama atau ulama memiliki pengaruh di masyarakat, dalam hal ini calon pemilih pada Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2019.
Berdasarkan survei LSI Denny JA, ada lima ulama berpengaruh, yakni Ustaz Abdul Somad (UAS), Ustaz Arifin Ilham, Ustaz Yusuf Mansur, Ustaz Abdullah Gymnastiar (Aa Gym), dan Habib Rizieq Shihab.
Peneliti LSI Denny JA yakni Ikrama Masloman memaparkan responden yang mendengarkan ucapan atau imbauan UAS sebanyak 30,2 %. Dari persentase itu menyatakan 54,3% akan memilih Prabowo Subianto-Sandiaga Uno sebagai calon presiden-calon wakil presiden (capres-cawapres) 2019 mendatang. Sementara itu 38,6% responden lainnya akan memilih pasangan Jokowi-Ma’ruf.
“Walaupun terbagi dukungannya, tetapi Prabowo-Sandi unggul di pemilih yang menyatakan bahwa imbauan Ustaz Somad berpengaruh ke mereka,” kata Ikram di Kantor LSI Denny JA, Jakarta, Rabu (14/11/2018).
Ikram menambahkan, responden yang menjadi pendengar Ustaz Arifin Ilham sebanyak 25,9%. Dari persentase tersebut, 48,7% responden akan memilih pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin (Jokowi-Ma’ruf). Sebanyak 45,7% menyatakan akan memilih pasangan nomor urut 02 yakni Prabowo-Sandi.
Lalu responden yang menyatakan mendengar imbauan Ustaz Yusuf Mansur sebanyak 24,9%. Dari persentase itu, 49,0% menyatakan akan memilih Jokowi-Maruf, dan sebanyak 44,4% responden menyatakan akan memilih pasangan Prabowo-Sandi.
Sementara responden yang menyatakan mendengar imbauan Ustaz Aa Gym (23,5%), sebesar 49,2% menyatakan akan memilih pasangan Jokowi-Maruf, dan sebesar 46,2% menyatakan akan memilih pasangan Prabowo-Sandi.
Sedangkan untuk responden pendengar Habib Rizieq (17%). Dari jumlah itu, sebesar 63% akan memilih Prabowo-Sandi. Hanya 31,5% responden yang menyatakan akan memilih pasangan Jokowi-Ma’ruf.
“Dari kelima tokoh agama tersebut, Jokowi-Ma’ruf unggul di pemilih yang menyatakan mendengar imbauan Ustaz Arifin Ilham, Ustaz Yusuf Mansur dan Ustaz Aa Gym. Sementara Prabowo-Sandi unggul di pemilih yang menyatakan bahwa himbauan Ustad Abdul Somad dan Habib Rizieq Shihab berpengaruh,” tutur Ikram.
Survei Nasional LSI Denny JA dilaksanakan pada 10-19 Oktober 2018 terhadap 1.200 responden di 34 provinsi. Survei dilakukan dengan wawancara tatap muka menggunakan metode pengambilan sampel secara acak atau multistage random sampling. Margin of error survei 2,8% dengan tingkat kepercayaan 95%.

Comments

Popular posts from this blog

PTUN Mengabulkan Gugatan Oesman Sapta Terkait Dengan Caleg DPD

Delapan Perjanjian Kontrak Perusahaan Batu Bara Akan Berakhir Pada Waktu-waktu Dekat

Impor Pada Bulan Oktober Melonjak Naik 20,60%